Ketum Satu Periode Bukan Tradisi PAN

Ketum Satu Periode Bukan Tradisi PAN
Dari kiri, Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa dan Amien Rais saat menghadiri Rakernas PAN beberapa hari lalu. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Rusli Halim mengaku kurang setuju dengan adanya pandangan bahwa ketua umum satu periode adalah tradisi kepemimpinan di partainya.

Sebab, kata Rusli, tradisi kepemimpinan di PAN hanya satu yaitu fatsun kolektif kader yang terlembaga dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga partai.

Dia menegaskan, sebagai partai modern dan demokratis setiap kader PAN tanpa kecuali harus tunduk kepada fatsun kolektif yakni AD ART. "Siapapun dan apapun posisinya tidak bisa memaksakan kehendak untuk keluar dari fatsun tersebut," ungkap Rusli, Jumat (9/1).

Rusli menilai wacana ketua umum satu periode bukan sebuah tradisi apalagi keteladanan di PAN. Tetapi, kata dia, sebatas isu temporer dan strategi pemenangan bagi calon ketua umum yang menantang calon incumbent pada kongres PAN ke IV mendatang.

"Memang benar dua Ketua Umum DPP PAN sebelum Pak Hatta semuanya satu periode. Tapi, kurang tepat juga jika dikatakan ini sebagai sebuah tradisi apalagi keteladanan. Ini hanya isu temporer dan strategi kampanye calon yang menantang incumbent," kata Ketua Umum Penegak Amanat Reformasi Rakyat, salah satu organisasi underbow PAN.

Dia pun menepis wacana terhambatnya regenerasi kader jika Ketua Umum PAN menjabat lebih dari satu periode. Menurut Rusli, regenerasi adalah wajib hukumnya. Namun, kata dia, sangat berpikiran sempit jika regenerasi itu dimaknai hanya sebatas pergantian nama ketua umum.

"Jika nama Ketua Umum terus silih berganti tetapi peran, tanggung jawab dan kewenangan tidak berpindah apalagi dimandulkan oleh pendahulunya, itu bukan regenerasi. Justru degenerasi kader dan dampaknya lebih berbahaya dari ketua umum yang menjabat empat, lima atau sekian periode," paparnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Rusli Halim mengaku kurang setuju dengan adanya pandangan bahwa ketua umum satu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News