Keuangan BPK juga Diaudit

Keuangan BPK juga Diaudit
Keuangan BPK juga Diaudit
JAKARTA- BPK tak hanya mengaudit laporan keuangan pemerintah pusat atau daerah, dan perusahaan BUMN/BUMD tapi juga ikut diaudit. Dalam rilis resmi BPK tertanggal 15 September disebutkan, dalam pemeriksaan keuangannya, BPK tidak mengauditnya sendiri. Tapi lewat lembaga independen dan profesional.

Disebutkan, BPK tak hanya diaudit dari sisi keuangannya saja tapi juga penilaian peer review.  Untuk laporan keuangan, BPK diaudit Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk DPR, sedangkan peer review oleh lembaga pemeriksa tertinggi Belanda (Algemene Rekenkamer).

Hasilnya, untuk laporan keuangan 2007 dan 2008, BPK mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Untuk peer review Agustus 2009, BPK mendapatkan penilaian sangat positif atas mutu kerjanya.

Dengan adanya hasil audit tersebut, menunjukkan BPK tak hanya mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan negara saja. Tapi juga menjadi menjadi pelopor keteladanan atau lead by example. (esy/JPNN)
Berita Selanjutnya:
Pimpinan KPK Ancam Mundur

JAKARTA- BPK tak hanya mengaudit laporan keuangan pemerintah pusat atau daerah, dan perusahaan BUMN/BUMD tapi juga ikut diaudit. Dalam rilis resmi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News