Kevin Off Air, Addie Pilih Premium

Kevin Off Air, Addie Pilih Premium
Kevin Off Air, Addie Pilih Premium

jpnn.com - JAKARTA – Turunnya daya beli masyarakat terhadap produk musik seperti CD membuat Addie Muljadi Sumaatmadja alias Addie M.S. prihatin. Sebagai musisi, dia harus putar otak agar bisa terus berkarya sekaligus bertahan. Kasus yang sama dialami Kevin Aprilio, putranya yang juga berkiprah di dunia musik. Keduanya lantas merumuskan strategi yang ternyata jauh berbeda.

”Anak saya bikin karya, keluar duit, tapi dia unggah di YouTube. Waktu saya tanya, terus kamu dapat duitnya dari mana" Dari off air katanya. Ya sudah, saya biarkan saja,” ujar Addie seperti yang dilansir Jawa Pos (Induk JPNN), Sabtu (24/8).

Addie mengaku sebenarnya tidak sepakat dengan cara Kevin dalam menjual karyanya. Bagi pria 53 tahun itu, seorang musisi tetap harus memiliki album fisik untuk menjaga eksistensi.

Namun, dia memaklumi cara Kevin yang dikenal sukses melahirkan Vierra yang kini berganti nama menjadi Vierratale dan Princess. Sebab, jika dipaksakan membuat album fisik, justru kerugian besar yang akan ditanggung. ”Kalau Kevin disuruh mahalin CD-nya, bakal laku nggak kira-kira" Beda dengan saya. Beda segmen, beda lagi tantangan. Jadi, biar dia seperti itu,” kata Addie.

Addie memilih pasar premium. Karena itu, pendiri Twilite Orchestra tersebut berusaha mengemas musik-musik yang tidak mainstream, tapi tetap berkelas. Tahun lalu ayah dua anak itu membuat album bertajuk Sound of Indonesia yang berisi lagu-lagu daerah dari Sabang sampai Merauke. Lagu-lagu yang diaransemen ulang dan dijadikan double album tersebut ternyata sangat laris di pasaran.

”Lagu-lagu daerah saya kumpulkan. Saya aransemen ulang, dibuat secara simfoni. Sudah setahun ini dicetak berapa saja laris manis seperti kacang goreng. Padahal, harganya di atas Rp 200 ribu. Makanya, saya mau buat lagi,” tutur Addie.

Saat ini, dia sedang menyiapkan album Sound of Indonesia II. Dia ingin membuat karya yang akan sering diputar dan didengar orang, apalagi jika ada event. Misalnya, lagu Indonesia Raya yang diputar saat acara negara ataupun saat Indonesia mengikuti Olimpiade.

Sayangnya, Addie belum mau membocorkan lebih lanjut rencana album tersebut. ”Sekarang masih saya diskusikan dengan beberapa teman saya. Ada juga proyek aransemen lagu daerah lagi. Tapi, saya belum berani ngomong seperti apa,” ujarnya. (yas/c6/any)


JAKARTA – Turunnya daya beli masyarakat terhadap produk musik seperti CD membuat Addie Muljadi Sumaatmadja alias Addie M.S. prihatin. Sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News