JPNN.com

Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 22 November 2019 – 17:42 WIB Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh - JPNN.com
Buah plum. Foto Shutterstock

jpnn.com - Buah merupakan salah satu menu makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Setiap jenis buah tentu mempunyai manfaatnya masing-masing, termasuk juga dengan buah plum.

Menurut para peneliti, semakin gelap warna makanan, maka semakin tinggi juga tingkat antioksidannya. Salah satu buah yang warnanya gelap adalah buah plum. 

Dijelaskan oleh dr. Dejandra Resnaya dari KlikDokter, pigmen ungu pada semua buah dan sayur mengandung flavonoid, dikenal dengan resveratrol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

Kandungan ini bekerja dengan mengendurkan dinding arteri, mengurangi tekanan di arteri dan memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, menurut dr. Dejandra, pigmen ungu yang terdapat dalam buah plum juga mengandung beragam polifenol yang bisa mengurangi respons peradangan dalam tubuh. Termasuk juga mengurangi peradangan pada sendi, jantung, disfungsi kekebalan tubuh dan penyakit jantung. 

Manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya, buah dan sayuran yang memiliki warna gelap memang memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Karenanya, buah plum sendiri bisa membantu meningkatkan kemampuan otak, menurunkan peradangan dan melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. 

“Buah plum bisa meningkatkan kolesterol baik. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung antioksidan yang aktif yakni antosianin. Zat ini bisa melawan peradangan, dan meningkatkan HDL,” ujar dr. Dejandra. 

Tidak berhenti sampai di situ, buah plum yang sudah dikeringkan pun masih memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah plum kering bagus untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin K dan kalsium tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan tulang manusia. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy