Khomeini Tunjuk Kepala Yudisial Baru

Khomeini Tunjuk Kepala Yudisial Baru
PEJABAT BARU - Sadeq Larijani, anggota Guardian Council yang diberitakan baru ditunjuk oleh Ayatollah Khomeini sebagai pimpinan baru lembaga peradilan Iran. Foto: Metransparent.com.
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khomeini, Sabtu (15/8), diberitakan telah menunjuk Ayatollah Sadeq Larijani sebagai pimpinan baru lembaga peradilan negara itu. Namun sebagaimana diberitakan stasiun televisi setempat dan dirilis oleh Reuters, sejumlah kalangan reformis justru menyebutkan bahwa awalnya Larijani sempat menolak jabatan itu, terutama karena kasus penahanan massal sejumlah demonstran pasca pemilihan presiden Juni lalu.

Kantor berita ISNA pun memberitakan, bahwa Larijani dipastikan akan langsung berhadapan dengan agenda kerja penuh kontroversi. Pasalnya, proses pengadilan sejumlah 25 orang demonstran pendukung kelompok oposisi yang ditahan, bakal mulai berjalan Minggu (16/8) besok.

Ke-25 orang yang akan disidang besok itu sendiri, disebutkan merupakan gelombang ketiga dari demonstran yang bakal menjalani proses peradilan. Seperti diberitakan sebelumnya, pasca kontroversi pemilihan presiden tersebut, pihak pemerintah Iran di bawah kandidat presiden yang menang memang menahan ratusan demonstran yang tak puas dengan hasil pemilihan.

Peristiwa itu dipandang sebagai sebuah aksi beresiko, yang dipercaya meningkatkan krisis hubungan Iran terutama dengan kalangan Barat, serta disebut-sebut terparah sejak revolusi Islam tahun 1979 lalu. Kaum penentang bahkan sempat mengklaim setidaknya ada 69 orang terbunuh dalam bentrok dan proses penahanan itu.

TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khomeini, Sabtu (15/8), diberitakan telah menunjuk Ayatollah Sadeq Larijani sebagai pimpinan baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News