Senator AS Temui Pemimpin Myanmar

Senator AS Temui Pemimpin Myanmar
DIKUNJUNGI - Aung San Suu Kyi, yang baru-baru ini diperpanjang masa tahanan rumahnya oleh pemerintah militer Myanmar, juga sempat bertemu dengan Senator AS Jim Webb yang berkunjung ke negara itu beberapa hari terakhir. Foto: AFP file.
YANGON - Senator AS dari Partai Demokrat, Jim Webb, berjumpa dengan pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Than Shwe, dalam kunjungan resminya di negeri itu. Sementara dalam kesempatan terpisah, sebagaimana diberitakan Al Jazeera, di hari kedua kunjungannya, Sabtu (15/8), Webb juga berkesempatan menemui pemimpin oposisi yang menjadi tahanan pemerintahan militer, Aung San Suu Kyi.

Pertemuan Webb dengan Than Shwe sendiri berlangsung di Naypyidaw, daerah ibukota administratif Myanmar, tempat yang ia tuju pertama kali begitu mendarat di Myanmar, Jumat (14/8) lalu. Begitu usai menjalani pembicaraan dengan sang pemimpin junta militer, Webb pun melanjutkan perjalanannya ke Yangon, untuk menemui Suu Kyi, di sebuah guesthouse pemerintah dekat kediaman tokoh penerima Nobel itu.

Bagi Suu Kyi sendiri, ini merupakan kesempatan pertama kali baginya berjumpa politisi asing, sejak status tahanan rumahnya diperpanjang awal pekan ini oleh pemerintah militer Myanmar selama 18 bulan ke depan. Sementara, kedatangan Webb ke Myanmar sendiri merupakan putaran kedua dari kunjungannya selama dua pekan ke kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan Webb dengan Than Shwe sempat mendapat penentangan dari kelompok oposisi yang mendukung Suu Kyi, karena dianggap hanya akan meningkatkan legitimasi pemerintahan militer. Webb sendiri melakukan perjalanan dengan sejumlah delegasi AS, yang pada intinya hendak membicarakan sejumlah urusan dengan Dewan Perdagangan dan Industri Negara Federasi Myanmar.

YANGON - Senator AS dari Partai Demokrat, Jim Webb, berjumpa dengan pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Than Shwe, dalam kunjungan resminya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News