Kinerja Bank Syariah Lampaui Capaian 2007

Kinerja Bank Syariah Lampaui Capaian 2007
Kinerja Bank Syariah Lampaui Capaian 2007
JAKARTA - Tahun 2008 belum berlalu, namun kinerja bank syariah sudah melampaui capaian sepanjang 12 bulan tahun lalu. Sepuluh bulan pada 2008, atau per Oktober, laba bank syariah sudah mencapai Rp 672,72 miliar. Ini lebih tinggi dari 2007 yang sebesar Rp 540 miliar.

Pengamat perbankan syariah Adiwarman A. Karim mengatakan, pertumbuhan menggembirakan dari bank syariah tidak terlepas dari semakin kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan berbasis hukum Islam. "Artinya, transaksinya tidak terbatas untuk umat Islam saja, melainkan sebagai transaksi universal yang secara umum sudah terbukti lebih menguntungkan," ujarnya di Jakarta..

Apalagi, sambung dia, momentum krisis finansial global membuat bank-bank syariah semakin mendapat peneguhan bahwa mekanisme yang mereka jalankan relatif lebih kebal dari badai krisis.

Dia mengatakan, manisnya kinerja laba bank syariah juga disebabkan oleh makin kuatnya penyaluran pembiayaan oleh mereka. Dari sisi pembiayaan juga tumbuh pesat, sekira 45 persen. Dari Rp 26,1 triliun pada Oktober tahun lalu menjadi Rp 38,1 triliun per Oktober 2008.

JAKARTA - Tahun 2008 belum berlalu, namun kinerja bank syariah sudah melampaui capaian sepanjang 12 bulan tahun lalu. Sepuluh bulan pada 2008, atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News