Kinerja Membaik, KB Bukopin Bakal Gelar Right Issue Tahun Depan

Kinerja Membaik, KB Bukopin Bakal Gelar Right Issue Tahun Depan
Kinerja KB Bukopin makin membaik menjelang tutup tahun 2022. Foto dok. KB Bukopin

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) terus menunjukkan tren perbaikan menjelang tutup tahun 2022 setelah di bawah kendali KB Kookmin Bank.

Hal itu terlihat dalam laporan Kuartal III 2022 (bank only), KB Bukopin mencatatkan peningkatan pendapatan bunga bersih dan perbaikan rasio net interest margin (NIM) atau margin bunga bersih.

"Pada tahapan ini, yang paling penting adalah kami bisa melihat bersama bahwa secara bertahap KB Bukopin sudah mengalami perbaikan sesuai dengan arahan dari KB Kookmin Bank selaku pemegang saham pengendali," ujar Deputy President Director Robby Mondong dalam keterangannya, Kamis (29/12).

KB Bukopin berhasil menurunkan beban bunga hingga 19% YoY menjadi Rp 1,95 triliun, sehingga pendapatan bunga bersih bisa meningkat 51% YoY, dari Rp 487,56 miliar menjadi Rp737,63 miliar.

Sementara itu, NIM pada akhir kuartal III ini tercatat 1,40%, terus membaik dari posisi akhir Desember 2021 yang 0,95%, dan akhir Desember 2020 yang 0,61%. 

NIM merupakan salah satu indikator profitabilitas dan pertumbuhan bank.

NIM menunjukkan jumlah uang yang diperoleh bank dari bunga pinjaman dibandingkan dengan jumlah yang dibayarkan untuk bunga simpanan. 

"Terus meningkatnya NIM sejak 2021 menunjukkan perbaikan struktur keuangan KB Bukopin yang secara bertahap terus menerus terjadi sejak KB Kookmin Bank resmi menjadi pemegang saham pengendali pada pada 30 Juli 2020," tuturnya.

Kinerja KB Bukopin makin membaik menjelang tutup tahun 2022. Bank ini bakal menggelar right issue tahun depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News