Kiprah Artis Masih Sebatas Seremonial

Selebritis jadi Tantangan Bagi Politisi di Pilkada

Kiprah Artis Masih Sebatas Seremonial
Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf. Foto : Dokumen Pribadi/Facebook
JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Effendi Gazali, menilai para artis yang sudah maupun akan berkiprah di Pilkada belum menunjukan kiprah sebagai politisi. Bahkan Effendi menilai kiprah artis yang terpilih menjadi wakil kepala daerah, masih sebatas seremonial belaka.

Menyebut nama Julia Peres yang saat ini tengah berproses untuk ikut Pilkada di Pacitan, Effendi  menilai sosok artis yang dikenal dengan nama Jupe itu belum memiliki pemikiran politik. "Jupe belum sampai di posisi selebritis politik karena belum mempunyai pemikiran politik," tegas Effendi dalam dialog kenegaraan bertema 'Selebritas dalam Pilkada Bukan Sekedar Populeritas' di DPD, Senayan Jakarta, Rabu (14/4).

Demikian juga halnya dengan Rano Karno yang kini menjadi Wakil Bupati Tangerang. Menueur Effeni, sebagai wakil bupati Rano baru berada dalam posisi seremonial. Namun Effendi apresiasi lebih positif diberikan Effendi Ghazali kepada Dede Jusuf yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat. "Dede Yusuf agak lumayan, karena akhir-akhir ini telah berani melakukan kerja politik riil," ulas Effendi.

Mengamati majunya Julia Peres dalam Pilkada Pacitan, secara khusus pakar komunikasi politik itu menjelaskan korelasi kandidat dengan rumor, humor dan isu yang saat ini berkembang di Pacitan. "Di Pacitan itu saat ini berkembang rumor, humor dan isu bahwa Pilkada di sana tidak hanya mencobles atau menyontreng, tapi juga meremas," imbuh Effendi Gazali.

JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Effendi Gazali, menilai para artis yang sudah maupun akan berkiprah di Pilkada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News