Kisah Unik UMKM Binaan PLN Milik Bhabinkamtibmas Maluku di Sail Tidore 2022

Kisah Unik UMKM Binaan PLN Milik Bhabinkamtibmas Maluku di Sail Tidore 2022
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) ikut menyemarakkan acara Sail Tidore 2022, di Provinsi Maluku. Salah satunya, jajanan Mama Bhabin. Foto dok PLN

jpnn.com, MALUKU - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) ikut menyemarakkan acara Sail Tidore 2022, di Provinsi Maluku. Salah satunya, jajanan Mama Bhabin.

Mama Bhabin, panggilan akrab dari Norma Warni Ura, seorang Bhabinkamtibmas.

Perempuan 32 tahun ini berinovasi menggerakkan ibu-ibu di desa atau Negeri Rutah, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah untuk membuat usaha jajanan bersama.

Kisah menarik terungkap dari Mama Bhabin yang merupakan Koordinator kelompok usaha ini. Mulai dari momen Covid-19 hingga bagaimana PLN turut berperan meningkatkan omzet UMKM hingga 50 persen.

“Inovasi saya itu karena saya melihat sumber daya manusia di Negeri Rutah, rata-rata mereka penjual jajanan,” kisahnya.

Norma menyebut, dia telah lama menjadi seorang Bhabinkamtibmas, sebagaimana dulu cita-citanya masuk polisi untuk bisa melindungi dan mengayomi masyarakat.

Saat Covid-19 melanda pada 2020, dia menyadari potensi durian yang berlimpah di desanya tak banyak terserap oleh pasar.

Atas inisiatif Norma, dia bersama beberapa ibu pun mengolah durian menjadi jajanan dodol yang lebih tahan lama yang diberi nama Jajanan C19, merujuk pada nama Covid-19.

PT PLN juga memberikan kesempatan mengenalkan produk kami lebih luas lagi, jajanan Mama Bhabin juga bisa dikenal di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News