KITA dan Tatalogam Sepakat Bangun Rumah Instan untuk Revitilisasi Pascabencana

KITA dan Tatalogam Sepakat Bangun Rumah Instan untuk Revitilisasi Pascabencana
Hunian yang diperuntukan bagi korban bencana. Foto: Tatalogam

jpnn.com, JAKARTA - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) dan PT Sakura Makmur Lestari ( Tatalogam Group) menandatangani nota kesepahaman bersama penyediaan rumah instan domus untuk revitilisasi pascabencana.

Kedua belah pihak juga menandatangani nota kesepahaman untuk pelatihan dan sertifikasi pemasangan baja ringan.

Penandatangan dilakukan langsung oleh Ketua Umum KITA Kiai Maman Imanulhaq, dengan Vice President Tatalogam Lestari Stephanus Koeswandi.

Menurut Maman, penandatanganan nota kesepahaman menjadi langkah awal penyediaan rumah instan permanen, baik sementara maupun tetap, bagi korban bencana alam yang kehilangan rumah.

Rumah ini juga diperlukan bagi keluarga miskin yang memiliki rumah tidak layak huni.

Anggota Komisi VIII DPR ini menegaskan, meski rumah instan domus yang dibangun cepat dan mudah, namun kualitasnya dijamin kuat dan tahan lama layaknya rumah konvensional.

"Rumah domus ini sangat cocok dengan program pemerintah soal penyediaan rumah instan permanen seperti yang dilakukan BNPB, kemensos dan PUPERA. Program ini juga dapat membantu ekonomi masyarakat di daerah-daerah pasca bencana agar dapat segera pulih," ujar pria yang karib disapa Kang Maman, dalam keterangannya, Jumat (19/2).

Kang Maman menambahkan, KITA juga menggandeng Sakura Makmur Lestari untuk membangun pesantren dan melatih para santri memiliki keterampilan dalam pembangunan rumah, terutama soal baja ringan.

KITA dan Tatalogam sepakat membangun rumah instan untuk revitalisasi pascabencana, baik rumah sementara maupun permanen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News