JPNN.com

KKP Tebar Benih Ikan di Danau Toba

Senin, 16 September 2019 – 04:03 WIB KKP Tebar Benih Ikan di Danau Toba - JPNN.com

jpnn.com, DANAU TOBA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menebar sebanyak 266 ribu beragam benih ikan (restocking) di Danau Toba, Sabtu (14/9). Selain mengembalikan fungsi dan peran perairan umum daratan sebagai ekosistem yang seimbang, kegiatan ini juga bertujuan mengoptimalkan potensi dan menambah stok ikan untuk konsumsi.

Jenis ikan yang ditebar tersebut berupa 250 ribu benih ikan nilem oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya serta 15 ribu benih ikan tawes dan 1.000 benih ikan batak oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara. 

Ikan batak ini merupakan ikan endemik yang hanya ditemukan di Danau Toba dan keberadaannya hampir punah.

“Dengan kegiatan restocking ikan ini, kami kembalikan lagi ketersediaan ikan khususnya ikan endemik maupun spesifik lokal untuk menjaga keseimbangan eksosistem lingkungan perairan di Danau Toba,” tutur Susi.

Susi mengatakan, penyediaan kembali ikan di Danau Toba ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dia berpesan agar sumber daya perikanan yang luar biasa ini harus dikelola dengan baik agar bisa lestari dan berkelanjutan.

“Apabila penangkapan ikan di Danau Toba ini tidak terkontrol, percuma kami lakukan tebar benih. Gunakan alat tangkap yang sesuai aturan dan ramah lingkungan. Jangan rusak ekosistem perairan agar terus berkelanjutan,” pintanya.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...