Klasemen Rio 2016: Salip Vietnam, Indonesia Masih Diancam Malaysia

Klasemen Rio 2016: Salip Vietnam, Indonesia Masih Diancam Malaysia
Bendera Merah Putih tampak saat upacara penyerahan medali cabang buku tangkis nomor ganda campuran, di Rio de Janeiro. Foto: AFP

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Posisi Indonesia di klasemen sementara Rio 2016, langsung naik drastis. Hingga empat hari Olimpiade Rio 2016 bakal berakhir, Indonesia kini berada di peringkat ke-39.

Emas yang datang dari cabang bulu tangkis nomor ganda campuran, atas nama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, membuat Indonesia sukses menyalip Vietnam di 'zona Asia Tenggara'.

Sebelum kehadiran medali emas dari Tontowi/Liliyana, Indonesia selalu berada di bawah Thailand dan Vietnam.

Kini, di antara negara Asia Tenggara, Thailand masih teratas dengan dua emas, dua perak dan dua perunggu. Secara umum, Negeri Gajah Putih berada di ranking ke-24.

Indonesia di peringkat ke-39, mengumpulkan satu emas dan dua perak (angkat besi: Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan). Sementara Vietnam berada di peringkat ke-45 dengan satu emas dan satu perunggu.

Posisi Indonesia, khususnya di antara negara Asia Tenggara, masih bisa digeser Malaysia. Kemungkinan ini ada karena Negeri Jiran itu masih menyisakan dua peluang medali emas dari bulu tangkis, atas nama tunggal putra Lee Chong Wei dan ganda putra Gov V Shem/Tan Wee Kiong.

Goh/Tan akan melakoni partai final pada Jumat (19/8) berhadapan dengan ganda China Fu Haifeng/Zhang Nan (China). Sementara Lee Chong Wei masih akan melakoni babak semifinal. Di Empat Besar, Chong Wei akan berhadapan dengan juara bertahan olimpiade, Lin Dan (China). Andai berhasil menang, Chong Wei akan jumpa pemenang antara Viktor Axelsen (Denmark) vs Chen Long (China).

Jika Malaysia mencuri satu emas saja dari dua peluang itu, posisinya akan lebih baik dari Indonesia. Saat ini, Malaysia berada di peringkat ke-56 dengan koleksi dua perak dan satu perunggu. (adk/jpnn)

RIO DE JANEIRO - Posisi Indonesia di klasemen sementara Rio 2016, langsung naik drastis. Hingga empat hari Olimpiade Rio 2016 bakal berakhir, Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News