KLHK Menggugah Kepedulian Generasi Muda untuk Melestarikan Satwa Langka

KLHK Menggugah Kepedulian Generasi Muda untuk Melestarikan Satwa Langka
Sosialisasi pendidikan konservasi elang jawa dan habitatnya kepada generasi muda yang dilaksanakan KLHK, BBTNGGP bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia PT Smelting, dan Filantra di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa Cimungkad, Sukabumi, Jumat (27/5). Foto: Dokumentasi KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus melakukan sosialisasi pendidikan konservasi elang jawa dan habitatnya kepada generasi muda.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK Indra Eksploitasia tersebut diharapkan menjadi sarana pendidikan sekaligus pemahaman untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak terhadap pentingnya melestarikan satwa langka tersebut agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut seperti dilaksanakan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa Cimungkad, Sukabumi, Jumat (27/5).

Sosialisasi pendidikan konservasi elang jawa dan habitatnya itu dilaksanakan bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia (TSI), PT Smelting, dan Filantra.

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan satu dari empat jenis elang yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Jenis elang lain, yaitu elang brontok (Nisaetus cirrhatus), elang ular bido (Spilornis cheela), dan elang hitam (Ictinaetus malayensis) dengan keberadaan di alam masih relatif terjaga.

Indra menyampaikan kondisi alam TNGGP secara umum cukup mendukung kehidupan elang pada habitat aslinya dengan bentang alam yang sesuai, seperti lembah tempat berburu, bukit, pohon yang tinggi tempat mengincar mangsa, kelimpahan pakan, serta aktivitas manusia yang masih tergolong tidak terlalu tinggi.

Terlebih dengan terus dilakukan upaya restorasi pada kawasan yang terdegradasi atau eks hutan produksi yang beralih fungsi menjadi kawasan konservasi.

"Kondisi ekosistem di TNGGP diharapkan dapat kian mendukung kehidupan berbagai satwa," kata Indra.

KLHK terus menggugah kepedulian generasi muda untuk melestarikan satwa langka, seperti elang jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News