JPNN.com

Kloter Haji Terakhir Mendarat

Sabtu, 01 Desember 2012 – 05:04 WIB Kloter Haji Terakhir Mendarat - JPNN.com
JAKARTA - Seluruh jamaah haji Indonesia sebanyak 211.000 orang kemarin telah kembali ke Tanah Air. Jamaah haji kloter terakhir berasal dari debarkasi Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin tiba serentak pada Jumat (30/11).

Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) yang hadir menyambut kedatangan jamaah haji kloter terakhir tampak bersyukur dan gembira bahwa penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Berdasarkan data Siskohat Kementerian Agama (Kemenag), sampai dengan 29 November 2012, jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci berjumlah 425 orang. Adapun jamaah haji yang sakit dan masih dirawat sebanyak 16 orang. Angka tersebut lebih rendah dibanding 2011, di mana jamaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi sebanyak 517 orang. Demikian juga jamaah haji yang sakit dan dirawat, tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

”Setiap tahun pemerintah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dan mengantisipasi permasalahan yang timbul di lapangan. Salah satu kebijakan dalam dua tahun terakhir ini, memprioritaskan jamaah haji lanjut usia (lansia) untuk bisa berangkat ke Tanah Suci. Kebijakan itu akan tetap dilanjutkan pada penyelenggaraan haji di tahun mendatang,” ujar dia dalam rilis Kemenag.

SDA menambahkan, beberapa kebijakan Kemenag dalam penyelenggaraan haji di masa yang akan datang yakni, pertama, prioritas keberangkatan jamaah haji lansia akan diberikan tidak lagi pada akhir masa pelunasan BPIH, tetapi diberikan pada awal masa pelunasan. ”Hal itu untuk memberikan waktu yang relatif lebih luas kepada calon jamaah haji lansia agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Di samping itu juga untuk menekan jumlah kuota haji yang tidak terserap,” katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...