KNPI Dukung Penguatan KPK

KNPI Dukung Penguatan KPK
KPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengharapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus tetap tegak berdiri di tengah derasnya gelombang upaya pelemahan institusi antirasuah itu. Hal tersebut disampaikan Rifai usai melakukan audiensi dengan pimpinan KPK, Jumat (16/6).

Saat ini, katanya, publik dipertontonkan tekanan politik terhadap KPK. Hal tersebut merupakan buntut langsung maupun tidak langsung atas upaya pemberantasan praktik korupsi.

"Bukan kali ini saja, tekanan terhadap upaya melemahkan kerja-kerja pemberantasan korupsi dilakukan. Di masa sebelumnya perseteruan KPK dengan institusi dan atau lembaga negara acapkali terjadi," ujar Rifai.

KPK sebagai bagian dari proses demokrasi menurutnya juga tidak pernah luput dari kealpaan. Namun demikian, upaya untuk mengoptimalkam peran, fungsi, dan narasi awal kehadiran KPK perlu diperkuat.

"Kita semua berharap keberadaan KPK mampu menerabas aneka kasus korupsi yang tidak dapat ditangani oleh institusi penegak hukum yang telah eksis sebelumnya," ujar Rifai.

Karena itu, tambahnya, KNPI menegaskan sikap untuk mendukung kerja-kerja penguatan institusi KPK, sehingga institusi antirasuah ini semakin baik dan optimal menuju “zero corruption” di tanah air.(fat/jpnn)


Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengharapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus tetap tegak berdiri di tengah derasnya gelombang upaya


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News