Koarmada II Gelar Latihan SAR Praktik Medevac

Koarmada II Gelar Latihan SAR Praktik Medevac
Komando Armada (Koarmada) II menggelar latihan Search and Rescue (SAR) praktik Medevac yang berlangsung di ruang Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmada II Ujung, Surabaya, Jumat (27/7/2018). Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, SURABAYA - Komando Armada (Koarmada) II menggelar latihan Search and Rescue (SAR) di Laut Tahun 2018 yang berlangsung mulai tanggal 26 Juli - 6 Agustus 2018.

Memasuki hari kedua Latihan Search and Rescue (SAR) di Laut Tahun 2018, instruktur dari Puspenerbal yaitu Lettu Laut (T) Satria Gumilar yang kesehariannya menjabat sebagai Wadan Pesud 2 Flight II Ron 400 Wing Udara 1, menyampaikan pembekalan kepada peserta latihan. Materi latihan meliputi materi Medical Evacuation (Medevac) dan drill Medevac. Acara ini berlangsung di ruang Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmada II Ujung, Surabaya, Jumat (27/7/2018).

Dalam pembekalan tersebut disampaikan bahwa Evakuasi Medis Udara yang disingkat EMU adalah pemindahan korban dengan menggunakan sarana pesawat helikopter atau pesawat jenis lainnya dari lokasi korban ke tempat yang lebih aman atau tempat yang mempunyai fasilitas perawatan kesehatan.

Koarmada II Gelar Latihan SAR Praktik Medevac

Ada empat materi pembahasan dalam melaksanakan materi Medevac. Di antaranya Karakter Pesawat, Pengertian EMU, Aturan Yang Berlaku Saat Melaksanakan Emu Dan Mengenal Perlengkapan EMU.

Pendukung pesawat dalam melaksanakan latihan EMU adalah dari Skuadron 400 yang mana pesawat ini mempunyai tugas pokok pendaratan Pasrat lintas helikopter, dukungan logistik cepat dan pengamatan laut terbatas.

Adapun standar keselamatan dari kegiatan keselamatan EMU meliputi berdiri paling dekat dengan helikopter kira-kira 30 meter jarak aman, sehingga apabila helikopter bermaneuver aman dari tail rotor. Simpan semua barang-barang dengan aman sehingga apabila baling-baling heli berputar tidak beterbangan dan tidak menggangu operasional helikopter.

Selain itu, dalam melaksanakan prosedur team EMU mendekat ke helikopter juga perlu diperhatikan hal-hal berikut. Pemimpin tim meminta izin mendekat helikopter dengan memberi tanda ibu jari diacungkan, ketika izin sudah diberikan, mendekat ke helikpter dari daerah aman.

Komando Armada (Koarmada) II menggelar latihan Search and Rescue (SAR) di Laut Tahun 2018 yang berlangsung mulai tanggal 26 Juli - 6 Agustus 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News