Kollywood, Bollywood Versi Sederhana

Semua Orang Bisa Jadi Bintang

Kollywood, Bollywood Versi Sederhana
Kollywood, Bollywood Versi Sederhana
TERLETAK di kawasan perniagaan yang sama sekali tidak elit, Kollywood berdiri dengan gagah. Dikelilingi salon kecantikan, penjahit, toko wig dan stan peramal bintang, deretan studio yang dilindungi gerbang besi itu sukses melahirkan puluhan bintang film. Bukan sekelas aktor dan aktris keluaran Bollywood atau Hollywood memang. Tapi, produktivitas pekerja seni di kompleks studio terbesar dan tergila di India itu patut diacungi jempol. 

”Kami lebih suka melibatkan banyak orang dalam film buatan kami. Ratusan atau bahkan ribuan,” ujar Prabakaran, sutradara Kollywood. Untuk bisa menembus pasar India dan bersaing dengan film-film Bollywood, sejauh ini Kollywood sengaja hanya mengusung dua tema besar. Yakni, perkelahian dan percintaan. Adegan kejar-kejaran dengan geng motor dan berkelahi sampai pemeran utamanya babak belur, hampir selalu ada di setiap film produksi mereka.

Saat ditemui The Washington Post, pria berusia 42 tahun itu sedang mengerjakan film action yang mengadaptasi seni bela diri Tamil. ”Belakangan, kami sudah meningkatkan teknik pembuatan film kami,” ujarnya. Dia mengaku banyak belajar dari film-film kelas dunia yang ditonton dari siaran televisi satelit. Dengan demikian, bukan hanya teknik mematung (freeze) dan zoom saja yang muncul dalam film keluaran Kollywood. Gerakan lambat (slow motion) pun bisa ditampilkan. 

Tak jauh dari setting yang dibangun kru Prabakaran, juga terlihat kesibukan senada. Beberapa pria dengan make up tebal dan aksesoris bak wayang tampak sibuk mempersiapkan diri menjelang syuting. Ada yang berdandan ala Krisna, dewa yang juga dikenal sebagai Bocah Biru. Puluhan perempuan berbalut sari merah juga berebut didandani. Sepertinya, mereka sedang terlibat dalam film berbau religi Hindu.

TERLETAK di kawasan perniagaan yang sama sekali tidak elit, Kollywood berdiri dengan gagah. Dikelilingi salon kecantikan, penjahit, toko wig dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News