Kominfo Terbitkan Petunjuk Teknis Pengelolaan Komunikasi

Kominfo Terbitkan Petunjuk Teknis Pengelolaan Komunikasi
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo. Foto dok Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Informasi dan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP) Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun beberapa petunjuk teknis untuk pengelolaan komunikasi pemerintah, terutama komunikasi pemerintah di tengah situasi pandemi.

“Tantangannya adalah bagaimana kerja itu bisa aman dari Covid, ini menjadi spirit kami melawan Covid-19. Teman-teman Kominfo justru menjadi ujung tombak dalam kondisi pandemi. Aturan yang tengah kami susun bertujuan menjadikan kita manusia komunikasi yang terus belajar menghadapi tantangan yang terus datang,” ujar Widodo, Minggu (18/10).

Menurutnya fenomena komunikasi publik saat ini sangat dinamis, perkembangan teknologi media yang tidak hanya dua arah tapi multi arah. Media sosial merupakan  tantangan kompleksitas komunikasi yang dibangun pemerintah.

"Kominfo sebagai jurnalis pemerintah yang mengisi konten media, termasuk media sosial sebab kami diminta memproduksi informasi positif, di samping sebagai humas pemerintah," seru Widodo.

Widodo juga meminta konten yang diproduksi oleh humas pemerintah berisikan hal-hal yang edukatif tentang tantangan bagaimana bekerja aman di tengah pandemi.

Humas pemerintah menjadi ujung tombak sosialisasi protokol kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain terkait konten komunikasi,  Widodo menyinggung soal bidang informatika yang tengah dibangun.

Bidang informatika menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi karena telah menaikkan anggaran hingga 300 persen untuk perbaikan infrastruktur dan  akselerasi  transformasi digital. Infrastruktur ini akan menopang strategi komunikasi yang tengah dijalankan oleh pemerintah.

Kominfo sebagai jurnalis pemerintah yang mengisi konten media, termasuk media sosial, di samping sebagai humas pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News