JPNN.com

Komisi IX: Pansus TKA Usulan Serius

Jumat, 20 April 2018 – 18:29 WIB Komisi IX: Pansus TKA Usulan Serius - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menganggap usulan pembentukan Panitia Khusus Tenaga Kerja Asing (Pansus TKA) yang disuarakan pimpinan DPR merupakan hal serius.

Dia pun memandang ada alasan yang kuat bagi dewan menindaklanjuti wacana tersebut. Selain merespons terbitnya Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang penggunaan TKA, juga karena pemerintah belum menjalankan rekomendasi Panja Komisi IX tentang TKA.

“Kelihatannya, rekomendasi panja itu belum maksimal dilaksanakan. Malah terkesan aneh jika kemudian presiden mengeluarkan Perpres 20/2018. Paradoks kan? Komisi sembilan meminta tingkatkan pengawasan, eh pemerintah malah memberikan kemudahan," ucap Saleh kepada jpnn.com, Jumat (20/4).

Karena hasil rekomendasi Panja Komisi IX itu belum begitu diperhatikan, katanya, maka wajar jika kemudian ada yang ingin menaikkan fungsi pengawasan DPR ke level yang lebih tinggi dalam bentuk pansus.

"Usulan ini saya kira serius, apalagi yang mengusulkan adalah pimpinan DPR," tukas wakil sekretaris jenderal DPP PAN ini.

Dia pun memandang usulan pembentukan Pansus TKA perlu dibicarakan lintas fraksi dan komisi di DPR. Yang jelas, jika sesuai dengan ketentuan yang ada, wacana tersebut tentu sangat mungkin diwujudkan.

Namun, Saleh mengingatkan agar niatnya harus tetap untuk memperbaiki sistem ketenagakerjaan Indonesia.

“Bahkan, Pansus itu nanti sekalian saja mengusut penggunaan TKA yang konon banyak bekerja di proyek-proyek investasi asing di daerah. Pemerintah tidak perlu khawatir. Kalau memang tidak ada, kan pansus ini sendiri nanti yang menjelaskan ke publik bahwa TKA itu tidak ada," pungkasnya.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...