Komisi XI DPR: BPR Layak Menjadi Penyalur Langsung KUR

Komisi XI DPR: BPR Layak Menjadi Penyalur Langsung KUR
Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan Subchi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan Subchi terus mendukung penguatan peran Badan Prekreditan Rakyat (BPR). Salah satunya dengan mendorong BPR sebagai penyalur langsung Kredit Usahat Rakyat (KUR).

“BPR ini mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga jasa keuangan lain yakni faktor kedekatan dengan nasabah. Jika mereka diizinkan langsung menjadi penyalur KUR maka kami yakin tingkat keterjangkuan program KUR akan makin luas," ujar Fathan Subchi di sela Rakernas Perhimpunan Bank Prekreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo), Senin (28/3/2022).

Fathan menjelaskan kelesuan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 membutuhkan banyak stimulus. Salah satunya kredit usaha bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu KUR sebagai salah satu instrument program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pun harus diperluas cover area-nya.

“Maka di sinilah peran penting dari BPR dengan jaringannya hingga di level desa bisa membantu penyaluran KUR kepada pelaku usaha terutama di kelompok mikro, kecil, dan menengah,” ujarnya.

Selama ini, kata Fathan, BPR tidak bisa bertindak langsung sebagai penyalur KUR kepada nasabah. Mereka hanya berfungsi sebagai agen dari bank-bank besar yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur KUR. Situasi ini membuat ruang lingkup kerja BPR dalam menyalur KUR menjadi terbatas.

“Dengan melihat performa BPR sebagai Lembaga jasa keuangan yang mempunyai daya tahan luar biasa dalam melewati berbagai kondisi ekonomi harusnya pemerintah tidak ragu lagi menunjuk BPR menjadi mitra utama dalam penyaluran KUR,” katanya.

Daya tahan BPR, lanjut Fathan salah satunya bisa dilihat dari performa mereka yang tetap tumbuh positif meskipun banyak Lembaga jasa keuangan lain menurun kinerjanya dihantam badai Pandemi Covid-19.

Dia menegaskan siap memfasilitasi pertemuan Perbarindo dengan OJK atau wakil pemerintah untuk duduk bersama membahas peran serta BPR sebagai penyalur langsung KUR di Komisi XI DPR.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi mendukung penguatan peran BPR dengan mendorong sebagai penyalur langsung Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News