Komitmen Bersama, Hidup Sehat tanpa Narkoba

Komitmen Bersama, Hidup Sehat tanpa Narkoba
Komitmen Bersama, Hidup Sehat tanpa Narkoba. Tampak terlihat acara Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Sektor Kesehatan Tahap V di Gedung BNN Jln. MT Haryono No. 11 Jakarta Timur, Rabu (3/6). Foto BNN for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), Antar Sianturi mengatakan sektor kesehatan menjadi salah satu pilar yang kokoh dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Karena kata Antar, para petugas sektor kesehatan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan untuk dapat berperan lebih proaktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

"Upaya pencegahan secara komprehensif dengan melibatkan kerja sama multidispliner, multisektor, dan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berkesinambungan, konsekuen dan konsisten termasuk di dunia kesehatan," kata Antar pada Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Sektor Kesehatan Tahap V di Gedung BNN Jln. MT Haryono No. 11 Jakarta Timur, Rabu (3/6).

Sementara itu, Anggota Tim Asistensi BNN, Paulina G Padmohoedojo memaparkan rencana aksi yang akan menjadi acuan bagi para petugas sektor kesehatan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam enam bulan ke depan.

Paulina menjelaskan bahwa peningkatan pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran narkoba harus dilakukan dengan terencana, komprehensif dan berkelanjutan. Program ini dilakukan secara bersama dengan meningkatkan pengetahuan  orang tua, pendidik, dan profesi pelayanan kesehatan anak.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Hubungan Antar Kelompok dan Resolusi Konflik Universitas Indonesia, Andi M Jufri mengatakan kerawanan sosial, kesehatan, ekonomi, keamanan akan menjadi dampak dari penyalahgunaan narkoba.

Makanya kata dia, kurangnya program pendidikan di masyarakat tentang kesehatan anak menjadi permasalahan besar jika tidak diketahui secara keseluruhan.

“Dengan kerjasama yang baik, maka petugas sektor kesehatan yang masih minim informasi dapat menambah pengetahuannya agar masyarakat juga turut mewujudkan hidup sehat tanpa narkoba," katanya. (jpnn)

JPNN.com JAKARTA - Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), Antar Sianturi mengatakan sektor kesehatan menjadi salah satu pilar yang kokoh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News