Komjen Andap Sebut 18 Calon Dirjen Imigrasi Sudah Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang

Komjen Andap Sebut 18 Calon Dirjen Imigrasi Sudah Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto. ANTARA/Muhammad Zulfikar

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 18 orang calon direktur jenderal (dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dari kalangan bukan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB).

"SKB berupa penulisan makalah untuk mengukur kompetensi para peserta tentang bidang yang dilamar yaitu keimigrasian," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Andap Budhi Revianto dikutip dari Antara, Jumat (21/10).

Andap mengatakan tahapan tersebut penting untuk mengetahui sejauh mana kompetensi para kandidat dalam bidang imigrasi. Apalagi, tuntutan dan kebutuhan masyarakat terus berkembang dari waktu ke waktu.

"Penulisan makalah ini menuntut ketajaman analisis dan inovasi peserta terkait layanan imigrasi," tambah Andap.

Dalam tahapan SKB, para peserta hanya boleh menggunakan laptop yang disediakan panitia. Seleksi tersebut bersifat closed book sehingga peserta dilarang mencari referensi dari media apa pun.

Sebelum memulai tahapan seleksi SKB, perwakilan peserta terlebih dahulu melakukan undian tema makalah. Dari tiga tema yang disiapkan, telah terpilih tema penguatan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam mewujudkan rencana strategis Kemenkumham periode 2020-2024.

"Semua peserta menggunakan tema yang sama. Namun memilih judul, pembahasan, serta analisis secara individu," ujar perwira tinggi Polri itu.

Tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural (asesmen), kemudian dilanjutkan dengan wawancara.

Sekjen Kemenkumham Komjen Andap menyebut sebanyak 18 calon Dirjen Imigrasi sudah mengikuti seleksi kompetensi bidang.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News