JPNN.com

Komnas Pengendalian Tembakau: Harga Rokok yang Makin Murah Justru Meracuni Rakyat

Senin, 05 April 2021 – 12:56 WIB
Komnas Pengendalian Tembakau: Harga Rokok yang Makin Murah Justru Meracuni Rakyat - JPNN.com
Rokok (Ilustrasi). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Komnas Pengendalian Tembakau Hasbullah Thabrany menyampaikan keprihatinannya atas pengendalian tembakau yang masih belum maksimal.

Menurut Hasbullah selama satu tahun pandemi COVID-19, belum terlihat penguatan pengendalian rokok.

Oleh karena itu, lewat diskusi Setahun Pandemi: Cegah Regulasi yang Memperlambat Pemulihan COVID-19 secara virtual, dia mengajak konsumen lebih cerdas agar tidak membelanjakan uangnya untuk produk yang desktruktif, seperti rokok.

Hasbullah menyoroti pengendalian tembakau juga sulit terjadi karena adanya pelanggaran harga dalam penjualan rokok di pasar sehingga masyarakat makin mudah membeli rokok.

Dia berharap pemerintah daerah bertindak tegas soal pelanggaran harga.

“Harusnya pemda-pemda ikut melindungi rakyatnya bahwa harga rokok yang makin murah justru meracuni rakyat di daerahnya dan meningkatkan risiko sakit masa depan, jangan pula pemda membiarkan perusahaan atau pedagang memberikan kemudahan,” kata Hasbullah.

Terpisah, Rama Prima Syahti Fauzi Analis Kebijakan Madya Kedeputian Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK mengatakan. bila pengendalian konsumsi tembakau diabaikan, perokok anak dapat mencapai 30 persen.

Sebab, harga rokok yang tetap terjangkau atau murah menyebabkan pengendalian konsumsi jadi tidak optimal.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...