JPNN.com

Komplikasi Asam Urat Tinggi yang Harus Anda Waspadai

Kamis, 11 April 2019 – 13:40 WIB Komplikasi Asam Urat Tinggi yang Harus Anda Waspadai - JPNN.com

jpnn.com - Penyakit asam urat menuntut penderitanya untuk benar-benar memperhatikan gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Sebab, bila lalai dan abai akan hal tersebut, kadar asam urat bisa melonjak dan menyebabkan berbagai keluhan maupun komplikasi merugikan.

Asam urat dikatakan normal bila kadarnya 2,4–6,0 mg/dL pada wanita, dan 3,4–7,0 mg/dL pada pria. Bila asam urat berada di angka yang lebih tinggi daripada itu, medis menyebutnya sebagai hiperurisemia.

Kondisi ini bisa terjadi jika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti: 

  • Semua bagian dalam tubuh hewan (jeroan)
  • Ekstrak dan saus daging
  • Makanan laut, termasuk salmon, udang, kerang, lobster, dan sarden
  • Daging merah
  • Ragi dan ekstrak ragi, seperti minuman alkohol atau bir
  • Asparagus, bayam, kacang-kacangan, kacang polong, lentil, oatmeal, kembang kol, dan jamur

Selain akibat konsumsi makanan yang mengandung purin, asam urat tinggi juga bisa terjadi akibat penyakit lain yang membuat ginjal kehilangan fungsinya untuk membuang asam urat keluar dari tubuh.

Komplikasi asam urat tinggi

Asam urat tinggi yang kadarnya melebihi 7 mg/dL dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Hal yang paling sering terjadi adalah terbentuknya gout artritis dan batu ginjal.

1. Gout artritis

Gout merupakan salah satu bentuk radang sendi (artritis), di mana terjadi akibat adanya kristal asam urat di sendi. Keadaan ini menyebabkan nyeri yang intens, khususnya di jempol kaki, pergelangan kaki, seluruh bagian kaki, tangan, lutut dan pergelangan tangan. Selain nyeri, gout juga bisa menyebabkan bengkak, kemerahan, dan rasa tidak nyaman di sendi hingga dapat membatasi rentang gerak.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...