Kondisi Jalan Cepat Rusak, Sebanyak 12 Ribu Truk Melintas Jakarta Surabaya

Kondisi Jalan Cepat Rusak, Sebanyak 12 Ribu Truk Melintas Jakarta Surabaya
Truk. Ilustrasi. Foto dok JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong pengoperas kapal RoRo untuk mengurangi beban jalan di jalur Pantura.

Dengan adanya kapal RoRo trayek Tanjung Priok – Panjang (Lampung) bisa mengurangi beban jalan raya dan mempersingkat waktu distribusi logistik.

“Hingga saat ini, terdapat 12 ribu truk yang melintasi Jakarta-Surabaya sehingga menyebabkan kondisi jalan yang cepat rusak dan kemacetan. Karena itu, kapal RoRo menjadi solusi atas permasalahan tersebut,” ujar Budi.

Dia juga berharap agar ukuran kapal RoRo dan kecepatan kapal diatur dengan baik, sebab bila kecepatannya di bawah 10 knot, tetap tidak akan kompetitif dengan jalur darat.

Dengan beroperasinya kapal RoRo jarak jauh, pergerakan barang ke Pelabuhan Tanjung Priok menjadi meningkat. Dengan begitu, Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional, akan banyak didatangi oleh kapal besar.

“Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional juga akan tumbuh, yang tadinya arus kontainernya mencapai 6 juta teus, dalam 2 atau 3 tahun ini bisa meningkat menjadi 12 juta teus,” tutur Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong pengoperas kapal RoRo untuk mengurangi beban jalan di jalur Pantura.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News