Kondisi Museum Fatahillah Memprihatinkan

300 Tahun Berdiri, Baru Sekali Dikonservasi

Kondisi Museum Fatahillah Memprihatinkan
Kondisi Museum Fatahillah Memprihatinkan
KONDISI Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, atau Museum Batavia sangat memprihatinkan. Langit-langit bangunan, lantai bangunan dan ruangan dalam yang dihuni benda-benda bersejarah tersebut nyaris tidak terawat dan rapuh.

”Kondisi Museum Fatahillah sangat mengkhawatirkan, khususnya di gedung bagian timur,” ujar Enny Prihatini, Kepala Museum Fatahillah, Jakarta Barat kepada INDOPOS (JPNN Group), Senin (12/12).

Enny mengemukakan, museum bersejarah yang berdiri di atas lahan 1.300 meter persegi tersebut baru sekali dikonservasi atau dibangun tanpa merubah bentuk bangunannya sekitar tahun 1974. Sejak saat itu, bangunan yang berusia 300 tahun tersebut tidak pernah diperbaiki kembali.

Jika dilihat dari depan, kondisi bangunan yang menyerupai Istana Dam di Amsterdam tersebut memang cukup bagus. Bangunan yang terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat selalu dicat, tetapi jika masuk ke dalam, kondisi tersebut seakan bukan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah.

KONDISI Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, atau Museum Batavia sangat memprihatinkan. Langit-langit bangunan, lantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News