Konflik Lahan Sudah Level Bahaya

Konflik Lahan Sudah Level Bahaya
Konflik Lahan Sudah Level Bahaya
JAKARTA -- Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap menegaskan Panitia Kerja (Panja) Agraria akan melihat sumber masalah pemicu banyaknya konflik lahan di masyarakat belakangan ini.

"Kok, ini kayaknya sudah meluas sedemikian rupa, tentu ada sesuatu yang menjadi penyebab utama. Apakah agraria kita sekarang pengaturan sedemikian rupa. Ini yang harus coba kita lihat. Sekarang ketentuan manakah yang membuat konflik di masyarakat itu," kata Chairuman, kepada JPNN, Jumat (13/1), di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Ia menegaskan, dalam banyak kasus Kementerian Kehutanan menetapkan suatu area yang merupakan hutan lindung padahal  disitu sudah ada masyarakat. Kemudian ada yang ditetapkan wilayah perkebunan sekian hektar. Seharusnya, kata dia, ada  pembagian lahan sesuai prosedur yaitu antara perusahaan dan masyarakat.

"Namun, pelaksanaan di lapangan tidak sesuai prosedur dan sistem berlaku. Ini yang harus kita lihat dan apa yang harus kita ungkap," katanya.

JAKARTA -- Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap menegaskan Panitia Kerja (Panja) Agraria akan melihat sumber masalah pemicu banyaknya konflik lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News