Konflik Rusia-Ukraina, Aset Vladimir Putin dan 5 Anak Buahnya Dibekukan

Konflik Rusia-Ukraina, Aset Vladimir Putin dan 5 Anak Buahnya Dibekukan
Warga Ukraina yang tinggal di Jepang memegang poster dan bendera selama demonstrasi mengecam Rusia atas tindakannya di Ukraina, dekat kedutaan Rusia di Tokyo, Jepang, Rabu (23/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/wsj.

jpnn.com, TOKYO - Jepang menjatuhkan sanksi terhadap Vladimir Putin dan lima anak buahnya, menyusul invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Jepang membekukan aset yang dipegang Vladimir Putin, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov dan empat pejabat Rusia lainnya.

Jepang juga membekukan aset tiga lembaga keuangan Rusia, masing-masing bank negara Promsvyazbank, Vnesheconombank serta bank sentral.

Selain itu, Jepang akan melarang ekspor ke 49 entitas Rusia sebagai bagian dari sanksi, kata pemerintah Jepang dalam sebuah pernyataan.

"Kami telah sepakat tentang perlunya mengambil sanksi yang kuat terhadap Rusia," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Selasa (1/3).

Fumio Kishida memberi pernyataan setelah pertemuan daring dengan para pemimpin Barat termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Amerika Serikat pada Senin (28/2) memberlakukan sanksi terhadap bank sentral Rusia dan sumber kekayaan lain milik negara itu.

Sanksi itu memberikan pukulan telak terhadap ekonomi Rusia dan juga menghukum Moskow atas invasi ke Ukraina.

Konflik Rusia-Ukraina, Jepang membekukan aset Vladimir Putin dan lima anak buahnya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News