Konon, Covid-19 Varian XE Lebih Cepat Menular, Sultan: Jangan Sampai Kecolongan

Konon, Covid-19 Varian XE Lebih Cepat Menular, Sultan: Jangan Sampai Kecolongan
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sultan B Najamudin merespons pasca-ditemukan varian baru corona virus bernama XE di Inggris.

Konon, Covid-19 Varian XE ini jauh lebih cepat menular dan tingkat risikonya lebih berbahaya.

“Jangan sampai kita kecolongan lagi ketika masyarakat sudah merasa bebas untuk beraktivitas secara normal, terutama di tengah suasana mudik lebaran saat ini,” tegas Sultan dalam keterangan resminya pada Sabtu (16/4).

Oleh karena itu, Sultan mengingatkan pemerintah untuk kembali menerapkan sistem karantina bagi pengunjung asing dan warga negara Indonesia yang baru tiba di tanah air.

Sultan mendorong peningkatan langkah pencegahan terhadap masuknya varian baru dari virus yang terus bermutasi ini, terutama dari negara ditemukannya varian baru tersebut

Sebab, kata Sultan, selama ini Indonesia sangat rentan terpapar jenis varian baru yang muncul di luar negeri.

Selanjutnya, mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu mendorong pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi bagi semua masyarakat secara lengkap.

Menurut Sultan, vaksin yang lengkap setidaknya menjadikan masyarakat lebih tahan dan tidak menyebabkan kepanikan ketika terpapar.

Sultan mengingatkan pemerintah jangan kecolongan dengan munculnya Covid-19 Varian XE yang konon disebut jauh lebih cepat menular dan tingkat risiko berbahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News