Konsorsium PTN Serahkan Master Soal Tes CPNS

Tes CPNS LJK Serentak 3 November

Konsorsium PTN Serahkan Master Soal Tes CPNS
Konsorsium PTN Serahkan Master Soal Tes CPNS

jpnn.com - JAKARTA - Persiapan penyelenggaraan tes CPNS baru 2013 terus dikebut. Kemarin sepuluh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) menyerahkan master soal tes CPNS kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Azwar Abubakar.

 

Penyerahan master soal ini juga diikuti oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelejen Negara (BIN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Seluruh tim dari masing-masing lembaga itu masuk dalam panitia seleksi nasional (panselnas) tes CPNS baru 2013.

Setelah menerima master soal tersebut, Azwar langsung menyerahkannya ke tim dari Puspendik. "Supaya diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayakannya," tandas Azwar di kantornya kemarin.

Dia menyampaikan apresiasi kepada tim di panselnas yang bekerja ekstra untuk perbaikan pelaksanaan tes CPNS. "Khususnya kepada tim dari konsorsium PTN yang telah membantu panselnas," kata dia.

Azwar berpesan supaya seluruh tim di panselnas menyiapkan seluruh perangkat pelaksanaan dan pedoman pelaksanaan tes CPNS sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Dia juga menuntut supaya masing-masing tim di panselnas melaporkan setiap perkembangan tahapan persiapan tes CPNS. Azwar berharap tes penerimaan CPNS tahun ini dapat menjadi pondasi pembentukan PNS yang profesional.

"Selain itu juga bisa menciptakan birokrasi Indonesia yang modern dan menuju birokrasi kelas dunia," kata Azwar.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tes CPNS tahun ini dibagi dalam dua metode. Pertama dalah ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini dilaksanakan mulai 29 September nanti. Saat ini sudah ada 19 Kementerian dan Lembaga yang mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT. Namun Kemen PAN-RB sedang memvalidasinya.

JAKARTA - Persiapan penyelenggaraan tes CPNS baru 2013 terus dikebut. Kemarin sepuluh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) menyerahkan master

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News