Konsumsi Bawang Putih dan Merah Bisa Kurangi Risiko Kanker Ini

Konsumsi Bawang Putih dan Merah Bisa Kurangi Risiko Kanker Ini
Bawang merah. Foto: Pixabay

jpnn.com - Konsumsi sayuran allium seperti bawang putih, bawang perai, dan bawang merah bisa mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal.

Kanker kolorektal adalah kanker usus besar atau dubur, yang terletak di ujung bawah saluran pencernaan. Ini adalah penyebab utama kedua dan ketiga dari kematian akibat kanker pada  pria dan wanita.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Onkologi Klinis Asia Pasifik menemukan bahwa kemungkinan kanker kolorektal adalah 79 persen lebih rendah pada orang dewasa yang mengonsumsi sayuran allium dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah rendah.

"Perlu dicatat bahwa dalam penelitian kami, tampaknya ada tren, dimana semakin besar konsumsi jumlah sayuran allium, maka akan semakin baik manfaat perlindungannya," kata peneliti Zhi Li, seperti dilansir laman India Times, Minggu (17/3).

"Secara umum, temuan ini menjelaskan pencegahan utama kanker kolorektal melalui intervensi gaya hidup, yang layak untuk dieksplorasi lebih dalam," pungkas Li.

Dalam studi tersebut, 833 pasien kanker kolorektal dibandingkan dengan 833 kontrol sehat berdasarkan usia, jenis kelamin dan daerah tempat tinggal.

Informasi demografis dan diet dikumpulkan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner frekuensi makanan yang divalidasi.(fny/jpnn)


Konsumsi sayuran allium seperti bawang putih, bawang perai, dan bawang merah bisa mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News