Kontingen Garuda Hadiri Peringatan ke-75 Hari Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon

Kontingen Garuda Hadiri Peringatan ke-75 Hari Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon
Prajurit Kontingen Garuda yang sedang melaksanakan tugasnya sebagai Peacekeepers di Lebanon seperti Satgas Force Headquarters Support Unit (FHQSU XXVI-O1) turut terlibat Upacara Peringatan Hari Penjaga Perdamaian (Peacekeepers Day) ke-75 di Markas Besar UNIFIL HQ, Naqoura – Lebanon, Senin (29/5/2023). Foto: Dok. Pen Satgas FHQSU XXVI-O1

jpnn.com, LEBANON - Prajurit Kontingen Garuda yang sedang melaksanakan tugasnya sebagai Peacekeepers di Lebanon seperti Satgas Force Headquarters Support Unit (FHQSU XXVI-O1) turut terlibat Upacara Peringatan Hari Penjaga Perdamaian (Peacekeepers Day) ke-75 di Markas Besar UNIFIL HQ, Naqoura – Lebanon, Senin (29/5/2023).

Pada tanggal 29 Mei tepat jatuh pada ditetapkannya sebagai Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB.

Pergeralaran acara yang biasa disebut International Day of UN Peacekeeper (Unifil Day) untuk memperingati dan menghormati profesionalisme, dedikasi, keberanian tentara penjaga perdamaian, sipil dan militer yang bertugas dalam operasi penjaga perdamaian PBB, serta untuk memperingati mereka yang kehilangan nyawa demi perdamaian.

Kemudian juga sebagai peringatan pembentukan misi penjaga perdamaian pertama, Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB (UNTSO), yang lebih dari 50 pengamatnya saat ini bekerja dengan Unifil untuk perdamaian dan stabilitas di Lebanon Selatan.

Dalam peringatan itu, bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Force Commander  Unifil Mayor Jenderal Aroldo Lazaro.

Upacara ini diikuti sekitar 450 pasukan dari seluruh perwakilan kontingen yang tergabung dalam misi pemelihara perdamaian di Lebanon seperti Italia, Prancis, Indonesia, Spanyol, Belgia, India, Republik Korea, Ghana, Nepal, Malaysia, Polandia, China, dan El Salvador.

Tampak juga hadir pejabat kenegaraan Lebanon, perwakilan LAF dan seluruh Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda yang tergabung dalam misi perdamaian Unifil serta  undangan dari berbagai kalangan berjumlah sekitar 1000 orang.

Force Commander Mayor Jenderal Aroldo Lazaro atas nama Sekjen PBB Antonio Guterres menyampaikan penghormatan dan rasa bangga atas dedikasi, kesungguhan, dan pengabdian kepada seluruh personel penjaga perdamaian di seluruh misi yang ada di dunia, terutama bagi mereka yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk terciptanya perdamaian secara universal.

Prajurit Kontingen Garuda turut terlibat Upacara Peringatan Hari Penjaga Perdamaian (Peacekeepers Day) ke-75 di Markas Besar UNIFIL HQ, Naqoura – Lebanon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News