Konvensi Republik Terganggu Badai Gustav

Konvensi Republik Terganggu Badai Gustav
Para pendukung John McCain saat kampanye di Minnesota. Foto: AFP
MINNESOTA - Pembukaan konvensi nasional partai Republik dihadapkan dua masalah yang mengemuka. Badai pembunuh yang melanda Gulf Coast AS dan terpilihnya mantan Gubernur Alaska Sarah Palin sebagai pasangan John McCain

Badai Gustav telah mengancam kawasan utara didekat wilayah New Orleans, Louisiana yang pernah tersapu Badai Katrina tiga tahun lalu.

Badai tersebut membanjiri dan menghancurkan kota dekat kota tempat dihelatnya konvensi nasional di St. Paul, Minnesota itu. Pada waktu itu pemerintahan Presiden George W Bush dinilai gagal menanggulangi bencana tersebut. Setelah badai tersebut Bush dikritisi karena bertahan pada jadwalnya ke ranch di Texas dari pada ke lokasi bencana. Dalam perjalanan dua harinya itu, dia juga mampir ke Arizona dan California pada 29 Agustus untuk menghadiri ulang tahun McCain ke 69.

Ironisnya, sesaat setelah badai Gustav memporakporandakan Gulf Coast, Bush rencananya akan berpidato Senin malam waktu setempat, untuk membuka pertemuan besar Republik empat tahunan itu. McCain mengatakan badai tersebut telah mengacaukan rencana konvensi.

Menurut juru bicara Gedung Putih Dana Perino, Minggu pagi (31/8), Bush sepertinya tidak akan datang pada pembukaan konvensi karena konsentrasi pada bencana badai Gustav. Perino mengatakan Bush mengkonfirmasi akan melakukan perjalanan ke Gulf Coast dan mungkin akan berpidato di konvensi melalui video. 

McCain menyatakan pembukaan itu fleksible. ”Anda tahu, sangat tidak pantas berpesta sementara terjadi tragedi yang sangat buruk karena bencana alam. Jadi kami memonitor dari hari ke hari dan saya juga berdoa,” ujar McCain saat interview dengan televisi Fox Minggu.

Bila ancaman badai Gustav tidak diprediksi sebelumnya, hingga sebelum Repubik meninggalkan ibu kota Minnesota, efek dari penunjukkan Palin untuk tiket pencalonan Republik diprediksi belum akan terlihat hingga pemilu 4 November yang akan datang. Wanita 44 tahun itu dikenal sangat menentang aborsi dan konservatif dimana menjadi isu kunci Republik. Ibu lima anak itu juga diketahui memiliki putri bungsu yang mengalami kelainan Down syndrome.

Risiko bagi McCain karena pengalamannya baru menjabat gubernur Alaska pada putaran pertama, dan menjadi walikota Wasilla, komunitas kecil di utara Anchorage. Posisi Demokrat dan Republik saat ini seimbang, karena McCain pernah menyerang Obama dengan hal yang sama. Dimana senator Illinois, 47 tahun itu baru satu putaran menjadi senator AS, dan delapan tahun sebelumnya menjabat sebagai legislator di negara bagian Illinois.

MINNESOTA - Pembukaan konvensi nasional partai Republik dihadapkan dua masalah yang mengemuka. Badai pembunuh yang melanda Gulf Coast AS dan terpilihnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News