Korea Memanas, Kedubes RI Persiapkan Evakuasi

Korea Memanas, Kedubes RI Persiapkan Evakuasi
Korea Memanas, Kedubes RI Persiapkan Evakuasi
JAKARTA - Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Utara (Korut) diminta untuk bersiap-siap mengosongkan kantornya di Pyongyang. Permintaan ini datang dari pemerintah Korea Utara seiring dengan memanasnya situasi di wilayah Semenanjung Korea.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Jumat (5/4) kemarin Kemlu Korut telah memberikan penjelasan kepada perwakilan-perwakilan asing di Pyongyang, termasuk KBRI Pyongyang. Kemlu Korut meminta seluruh perwakilan asing di wilayahnya mempertimbangkan rencana evakuasi personil-personilnya dari Pyongyang.

Menanggapi hal ini, KBRI Pyongyang telah menyiapkan langkah-langkah darurat (contingency plan) jika perang benar-benar pecah di negara Asia Timur tersebut. Namun, langkah darurat belum dijalankan karena masih menunggu perkembangan terakhir di Korut.

WNI di Korut sendiri tidak terlalu banyak. Kemlu RI mencatat hanya ada 30 orang WNI yang kebanyakan adalah pegawai KBRI.

JAKARTA - Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Utara (Korut) diminta untuk bersiap-siap mengosongkan kantornya di Pyongyang. Permintaan ini datang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News