Korut Ancam Buang Aset Korsel

Korut Ancam Buang Aset Korsel
Korut Ancam Buang Aset Korsel
SEOUL - Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) berpotensi memasuki babak baru ketegangan. Kemarin (29/7), Pyongyang mengancam bakal mengenyahkan aset berharga milik Korsel di Resor Gunung Kumgang yang berada di perbatasan dua negara. Padahal, aset itu nilainya mencapai puluhan juta dolar.

Lewat peringatan tertulis, pemerintahan Kim Jong-il menyatakan bahwa pihaknya akan membuang aset Korsel yang berada di hotel-hotel, restoran dan properti lain di resor tersebut. "Pyongyang bakal mengambil langkah-langkah tertentu yang tidak mereka sebutkan untuk mengambil-alih resor tersebut," kata Jubir Kementerian Unifikasi Korsel, Chun Hae-sung.

Konon, ancaman itu muncul setelah Seoul mengabaikan ajakan Pyongyang untuk membahas masa depan resor tersebut. Chun mengatakan bahwa Korut memberikan batas waktu hingga tiga pekan kepada para pebisnis Korsel, sebelum pemerintahan Kim benar-benar membuang aset berharga mereka. Lewat cara itu, Pyongyang berusaha memaksa Seoul berdialog.

"Pemerintah akan menindaklanjuti ancaman ini. Kami akan menelusuri segala langkah hukum dan diplomasi untuk melindungi seluruh properti milik pebisnis Korsel di resor tersebut," papar Chun. Tidak jelas apakah Seoul akan menjawab undangan dialog yang dipaksakan Pyongyang tersebut.

SEOUL - Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) berpotensi memasuki babak baru ketegangan. Kemarin (29/7), Pyongyang mengancam bakal mengenyahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News