Korut Bermesraan dengan Tiongkok

Korut Bermesraan dengan Tiongkok
Korut Bermesraan dengan Tiongkok
SEOUL - Menyaingi kunjungan Laksamana Mike Mullen ke Korea Selatan (Korsel), Tiongkok mengutus Dai Bingguo ke Korea Utara (Korut). Rabu lalu (8/12), politikus 69 tahun yang menjabat sebagai state councilor (setingkat sekretaris kabinet) itu tiba di Pyongyang. Dia langsung berdialog empat mata dengan Pemimpin Korut Kim Jong-il.

   

"Kedua belah pihak telah mencapai beberapa kesepakatan dalam hubungan bilateral dan situasi terkini di Semenanjung Korea," terang Kantor Berita Tiongkok Xinhua, mengutip pernyataan pejabat pemerintah Korut, kemarin (9/12).

Konon, dalam pertemuan tertutup tersebut, Dai dan Kim juga membahas isu keamanan di Asia Pasifik. Mereka berjanji meningkatkan hubungan baik kedua negara.   

Pertemuan Kim dan Dai itu merupakan dialog langsung pertama Korut dan Tiongkok sejak insiden 23 November lalu. Sebagai sekutu, Beijing sama sekali tidak menegur atau mengecam Pyongyang terkait insiden yang menewarkan dua marinir dan dua warga sipil Korsel tersebut. Padahal, insiden itu pecah akibat tembakan artileri Korut ke salah satu pulau terluar Korsel. Yakni, Pulau Yeonpyeong.

SEOUL - Menyaingi kunjungan Laksamana Mike Mullen ke Korea Selatan (Korsel), Tiongkok mengutus Dai Bingguo ke Korea Utara (Korut). Rabu lalu (8/12),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News