Minggu, 21 Juli 2019 – 14:38 WIB

Korut Ledakkan Fasilitas Uji Coba Nuklir Punggye-ri

Jumat, 25 Mei 2018 – 13:45 WIB
Korut Ledakkan Fasilitas Uji Coba Nuklir Punggye-ri - JPNN.COM

jpnn.com, PUNGGYE-RI - Korea Utara (Korut) memenuhi janjinya. Kemarin, Kamis (24/5), di hadapan sekitar 20 jurnalis internasional, mereka meledakkan tempat uji coba nuklir di Punggye-ri.

Sejak 2006, Korut melakukan enam kali uji coba senjata nuklir di tempat tersebut. Kini, Punggye-ri luluh lantak setelah bom diledakkan di terowongan-terowongan yang terletak di bawah Gunung Mantap itu.

’’Penghentian uji coba nuklir adalah proses penting untuk menuju pelucutan senjata nuklir global.’’ Bunyi penggalan berita dari kantor berita Korut KCNA.

Sebelum dihancurkan, fasilitas uji coba nuklir milik Korut tersebut diyakini merupakan satu-satunya di dunia yang masih aktif. KCNA menambahkan bahwa penghancuran itu tidak mengakibatkan kebocoran material radioaktif maupun kerusakan pada lingkungan di sekitarnya.

Jurnalis di lokasi tidak bisa memastikan hal tersebut. Sebab, alat pengukur radiasi yang dibawa beberapa jurnalis disita Korut. Termasuk di antaranya milik jurnalis Sky News Tom Cheshire dan rombongan jurnalis dari Tiongkok.

Cheshire mengungkapkan bahwa pintu-pintu menuju terowongan dipasangi kabel. Sekilas tampak berlebihan dan disengaja. Para jurnalis dibawa ke atas gunung hingga berjarak sekitar 500 meter dari lokasi.

Setelah semua dipastikan aman, hitungan mundur peledakan dimulai. ’’Ada ledakan yang luar biasa besar. Kamu bisa merasakannya. Debu dan panas menuju arahmu. Ledakannya sangat keras,’’ terang Cheshire.

Ledakan pertama terjadi pukul 11.00 waktu setempat. Pejabat Korut yang mendampingi para jurnalis menyatakan bahwa ledakan tersebut menghancurkan terowongan utara.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar