Kota Bandung Butuh RSJ

Kota Bandung Butuh RSJ
Kota Bandung Butuh RSJ
BANDUNG - Ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung, ternyata tidak punya rumah sakit jiwa (RSJ). Selama ini, Kota Bandung yang memanfaatkan fasilitas dari Pemprov Jabar.

   

“Sebenarnya, kita perlu RSJ. Namun, jika memang tidak memungkinkan ya kita tidak akan meamksakan,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung  Achyani Raksanagara.

   

Tidak adanya RSJ di Kota Bandung dikarenakan sulitnya persayaratan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 44  tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Syarat-syaratnya antara lain luas rung terbuka, jarak ideal antara satu bangunan dengan bangunan lain, dan tidak berdekatan dengan lokasi yang mungkin menimbulkan keributan.

   

Sebenarnya, Kota Bandung sempat memiliki RSJ swasta. Namun lantaran fasilitasnya tidak memenuhi persyaratan UU, maka izin operasionalnya tidak diperpanjang. “Kalau RSJ ada di lingkungan yang bising, kapan mereka sembuh?” kata Achyani

   

BANDUNG - Ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung, ternyata tidak punya rumah sakit jiwa (RSJ). Selama ini, Kota Bandung yang memanfaatkan fasilitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News