KPAI: Kebiri Hanya Hukuman Tambahan

KPAI: Kebiri Hanya Hukuman Tambahan
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam mengatakan, bahwa kebiri hanya hukuman tambahan. Sebab, sampai saat ini, lanjut Asrorun, hukuman kebiri masih menjadi perdebatan meski secara pribadi ia mendukung adanya pemberatan hukuman semacam itu.

"Hukuman tambahan, salah satunya kebiri. Sudah seharusnya kita sebagai bangsa mengabaikan kepetingan pelaku," kata Asrorun dalam diskusi bertajuk 'Yuyun, Kebiri dan Hukuman Mati' di Pressroom DPR Jakarta, Kamis (12/5).

Asrorun juga bercerita mengenai progres rapat di Istana bersama jajaran kementerian, hingga akhirnya Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa kejahatan seksual pada anak sebagai kejahatan luar biasa.

Dalam draft Perppu yang sedang disiapkan pemerintah, telah disepakati bahwa hukuman pidana pelaku kejahatan seksual semula 15 tahun untuk pelaku normal, Perppu menaikkan menjadi 20 tahun. Bila menyebabkan korban meninggal atau trauma berat diberikan hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

"Hukuman tambahan, salah satunya kebiri. Keputusan politik hukum ini mesti didorong karena perlindungan anak tidak bisa didelay dengan perdebatan yang tidak produktif," pungkasnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam mengatakan, bahwa kebiri hanya hukuman tambahan. Sebab, sampai saat ini, lanjut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News