KPK Garap Anak Buah Menteri Sudirman Said Terkait Suap Anggota DPR

KPK Garap Anak Buah Menteri Sudirman Said Terkait Suap Anggota DPR
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus suap kepada anggota Komisi VII DPR RI Dewie Yasin Limpo. Salah seorang yang dijadwalkan menjalani pemeriksaan hari ini adalah Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana.

“Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk Tersangka DYL (Dewie Yasin Limpo, anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Hanura)," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati melalui pesan singkat, Jumat (6/11).

Untuk diketahui, Dewie diduga menerima suap untuk mengamankan anggaran proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Kabupaten Deiyai, Papua. Sementara Direktorat EBTKE adalah pihak yang bertanggungjawab atas program pembangunan infrastruktur energi baru dan terbarukan seperti pembangkit listrik mikrohidro yang diusulkan Dewie itu.

Rida diduga kuat bakal diperiksa soal Rapat Kerja Komisi VII DPR dengan jajaran Kementerian ESDM di DPR tanggal 4 April 2015. Pasalnya, dalam rapat yang juga dihadiri pihak Kementerian ESDM tersebut, Dewie menyampaikan usulannya.

KPK hari ini juga memeriksa beberapa orang tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah, Rinelda Bandoso, Setiadi dan Iranius.

“Ketiganya akan diperiksa dalam statusnya sebagai tersangka,"  jelas Yuyuk.

Pada Selasa 20 Oktober 2015 lalu, Dewie yang juga merupakan adik Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo ini dicokok KPK. Selain Dewie, Kpk juga menangkap tangan anak buahnya dan seorang pengusaha.

Mereka yang turut disikat KPK adalah sekretaris pribadi Dewie, Rinelda Bandaso; staf ahli Dewi,  Bambang Wahyu Hadi; Pengusaha dari PT Abdi Bumi Cendrawasih Setiadi; pengusaha rekanan Setiadi, Harry; Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Deiyai, Papua, Iranius; dan ajudan Setiadi, Devianto. Seorang supir mobil rental juga ikut diamankan.

JAKARTA – Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus suap kepada anggota Komisi VII DPR RI Dewie

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News