KPK Janji Bongkar Aktor Intelektual Kasus Century

KPK Janji Bongkar Aktor Intelektual Kasus Century
KPK Janji Bongkar Aktor Intelektual Kasus Century

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berupaya membongkar aktor intelektual dalam kasus pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Hal ini terlihat dari intensnya KPK melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam kasus itu, salah satunya adalah Direktur Utama Century, Robert Tantular.

"Dengan adanya pemeriksaan yang berulang kali terhadap Tantular dan lain-lain, itu memperlihatkan pada publik bahwa KPK sangat serius membongkar aktor intelektual dari Century," kata Ketua KPK, Abraham Samad di KPK, Jakarta, Jumat (27/9).

Meski begitu, Abraham belum bisa memastikan siapakah aktor intelektual dalam kasus Century. Hal itu baru bisa diketahui usai KPK melakukan pemeriksaan terhadap tersangka kasus Century, Budi Mulya.

"Setelah Budi Mulya diperiksa disitulah nanti pada akhirnya pimpinan dan satgas Century menyimpulkan siapa pelaku intelektual dari kasus tersebut," katanya.

Seperti diketahui, Budi disangka menyalahgunakan wewenang dalam pemberian FPJP kepada Bank Century tahun 2008 dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Diduga, ada kesengajaan untuk mengubah syarat rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) penerima FPJP dari minimal 8 persen menjadi CAR positif sehingga CAR Century yang ketika itu hanya 2,35 persen bisa mendapat pinjaman Rp 502,07 miliar. (gil/jpnn)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berupaya membongkar aktor intelektual dalam kasus pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News