KPK Janji Terus Kejar Koruptor di Daerah

KPK Janji Terus Kejar Koruptor di Daerah
KPK Janji Terus Kejar Koruptor di Daerah
JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan, Chandra M Hamzah, menegaskan komitmen KPK untuk terus mengejar para pelaku korupsi di tingkat daerah. Alasannya, 50 persen lebih dana APBN di era otonomi daerah, disalurkan ke daerah.

"Banyak uang menumpuk di daerah, banyak yang diselewengkan. Terjadi pergeseran pelaku korupsi dari pusat ke daerah. Jadi bukan korupsi kecil-kecilan," ujar Chandra Hamzah dalam keterangan pers akhir tahun di gedung KPK, Rabu (29/12).

Masih di tempat yang sama, Ketua KPK Busyro Muqoddas memaparkan kondisi internal KPK yang jumlah SDM-nya sangat terbatas, yakni hanya sekitar 700-an personil. Dibandingkan dengan Malaysia misalnya, dengan jumlah penduduknya 60 juta jiwa, personil KPK-nya Malaysia mencapai 5000 orang. Jika tidak segera dilakukan penambahan personil, kata Busyro, maka KPK ke depan akan semakin kuwalahan.

"Produktifitas korupsi terus meningkat, maka diperlukan penambahan personil. Proses regenerasi dan kaderisasi koruptor di Indonesia luar biasanya dasyatnya. Ditindak, muncul lagi, ditindak muncul lagi," ujarnya.

JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan, Chandra M Hamzah, menegaskan komitmen KPK untuk terus mengejar para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News