KPK Menerjukan Tim Mendalami Asal-Usul Kekayaan Wali Kota Pangkalpinang

KPK Menerjukan Tim Mendalami Asal-Usul Kekayaan Wali Kota Pangkalpinang
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil penuhi undangan klarifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya, Rabu (17/5/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi Pahala Nainggolan mengatakan bahwa komisi antirasuah akan mengirimkan tim ke Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, untuk mendalami asal-usul kepemilikan aset Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

KPK sebelumnya telah memanggil Aklil untuk memberikan klarifikasi terkait laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkannya.

“Yang kami cari adalah sumbernya dari mana. Untuk itu KPK akan kirim tim ke Pangkalpinang, mendalami asal usul kepemilikan aset,” kata Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi, Selasa (23/5).

Adapun langkah KPK selanjutnya ialah memeriksa kesesuaian data yang dilaporkan dengan fakta di lapangan.

"Jadi, kami mau validasi informasi yang kami dapat dari yang bersangkutan dan dari data perbankan yang sudah kami peroleh, transaksi keuangan keluar masuk," ungkap Pahala.

Aklil telah menjalani klarifikasi selama sekitar lima jam pada Rabu (17/5), oleh Direktorat LHKPN Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK.

Aklil diketahui tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 08.30 WIB dan masuk ke ruangan Direktorat LHKPN sekitar pukul 09.00 WIB.

Yang bersangkutan selesai menjalani klarifikasi pada pukul 14.13 WIB.

KPK terjunkan tim ke Pangkalpinang. KPK mendalami asal-usul harta kekayaan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News