KPK Tetap Berharap Rutan Khusus Korupsi

KPK Tetap Berharap Rutan Khusus Korupsi
KPK Tetap Berharap Rutan Khusus Korupsi
JAKARTA - Munculnya pemberitaan soal penjara mewah di media, memunculkan lagi keinginan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memiliki rumah tahanan sendiri. Juru bicara KPK Johan Budi menyampaikan, KPK sudah pernah menyampaikan kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) usulan untuk membuat rumah tahanan sendiri di KPK, guna menahan tersangka korupsi yang kasusnya ditangani.

"Bahkan lokasinya sempat ditinjau oleh Dirjen Lapas, namun dianggap tak memenuhi syarat. Lokasinya di bawah gedung KPK," sebut Johan Budi.

Dikatakan Johan, tidak memenuhi syarat itu antara lain karena ketinggian ruangan yang kurang. Begitu pula, kapasitas gedung juga dipandang terbatas. "Kami sudah berupaya minta dana ke pemerintah. Anggaran yang diusulkan (untuk) membuat rutan itu Rp 90 miliar," tambahnya.

Selain rumah tahanan, KPK juga disebutkan pernah mengusulkan keberadaan lembaga pemasyarakatan khusus seperti lapas khusus narkoba. Pendirian lembaga pemasyarakatan khusus korupsi itu diharapkan supaya ada efek jera terhadap pelaku korupsi. Namun nyatanya, sampai hari ini usulan itu belum disetujui.

JAKARTA - Munculnya pemberitaan soal penjara mewah di media, memunculkan lagi keinginan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memiliki rumah tahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News