KPU Klaim DPT Sudah Rasional

Tantang Pengkritik Tunjukkan Bukti

KPU Klaim DPT Sudah Rasional
KPU Klaim DPT Sudah Rasional
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakin daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan presiden mendatang sudah rasional. Pihak-pihak yang masih mempersalahkan ditantang untuk menunjukkan bukti nyata.

     

"Saya tidak tahu kenapa masih dipermasalahkan soal DPT ini," ujar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary saat rapat kerja bersama Komisi II DPR di kompleks parlemen, Senayan, kemarin (1/7). Padahal, tegasnya, lembaga yang dia pimpin sudah mengoptimalkan 90 persen kerjanya untuk perbaikan DPT.

     

Karena itu, dia merasa heran kalau masih banyak pihak yang meragukan DPT pilpres yang telah disusun KPU. Termasuk tudingan bahwa jutaan pemilih masih belum terdaftar. "Sudah, sekarang ditunjukkan saja, serahkan kepada kami nama jutaan yang katanya tidak terdaftar itu," tantang Hafiz.

     

Jumlah pemilih dalam DPT pilpres nanti adalah 176.395.915. Itu meningkat 5,1 juta jika dibandingkan dengan jumlah pemilih pada pemilu legislatif lalu. Menurut Hafiz, tambahan tersebut berasal dari empat sumber. Yaitu, pemilih pemula, TNI-Polri yang sudah pensiun, pemilih luar negeri yang kembali ke tanah air, dan pemilih yang sebelumnya tidak terdaftar pada pemilu legislatif.

     

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakin daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan presiden mendatang sudah rasional. Pihak-pihak yang masih mempersalahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News