KPU Makassar Tuntaskan Rekapitulasi Suara Selama 8 Hari

KPU Makassar Tuntaskan Rekapitulasi Suara Selama 8 Hari
Ketua KPU Kota Makassar Hambaliie (kanan) menyegel kotak suara disaksikan anggotanya dan anggota Bawaslu Kota Makassar Erick David Andreas (kiri) usai rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kota di aula kantor KPU setempat, Jalan Perumnas Antang Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (9/3/2024) dini hari. ANTARA/Darwin Fatir

jpnn.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar merampungkan rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kota selama delapan hari di dua tempat berbeda, yakni di Hotel Grand Asia hingga digeser ke aula kantor KPU setempat.

"Alhamdulillah, kami sudah selesaikan sampai hari ini. Insyaallah, akan langsung kami antarkan ke provinsi hari ini rekap (di Hotel Claro). Hari ini masuk provinsi," kata Koordinator Humas Data dan Informasi KPU Makassar Muh Abdi Goncing di kantor KPU setempat, Sabtu (9/3).

Ketika ditanyakan apa kendala sampai rekapitulasi suara tersebut selama 8 hari, dia mengungkapkan paling banyak kendala adalah hal yang sifatnya administratif.

"Kebanyakan masalah di internal partai. Selain itu, bisa jadi ada sedikit kesalahan di sistem," kata Abdi.

Menyinggung soal saksi dari pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar-Mahfud yang menolak tanda tangan berita acara karena keberatan adanya dugaan kecurangan, kata dia, pihaknya sudah mencatat hal itu.

"Saya kira, baik calon maupun parpol, keberatan adalah hak masing-masing saksi, dan itu tidak kami persoalkan. Kami catat dalam kejadian khusus serta dijadikan sebagai catatan di tingkat provinsi nanti," tuturnya.

Setelah rekapitulasi perolehan hasil suara tingkat kota, pihaknya masih menunggu jadwal rekapitulasi tingkat provinsi di Hotel Claro untuk sinkronisasi, termasuk pencermatan.

"Insyaallah, kami tunggu jadwal apakah besok atau lusa. Kami lakukan rekapitulasi itu berjenjang dari kecamatan, kota, lalu provinsi. Soal keberatan saksi, bisa jadi ada, dan pasti ada keberatan-keberatan. Makanya, kami coba selesaikan masalah di tingkat kota," ucapnya.

KPU Kota Makassar merampungkan proses rekapitulasi suara pemilu selama delapan hari.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News