KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih 77 Persen

KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih 77 Persen
Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir. Foto: riaupos/jpg

jpnn.com, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019. Mulai dari masyarakat umum sampai ke mahasiswa.

Upaya tersebut juga dibarengi dengan peningkatan target partisipasi pemilih sebesar 77 persen. Selain itu, KPU juga meyakini Pemilu serentak kali ini juga mendatangkan efek yang luar bisa kepada masyarakat.

Karena ada dua agenda pemilihan. Pilpres dan juga Pileg. Demikian disampaikan Ketua KPU Riau Ilham M Yasir kepada Riau Pos, Selasa (9/4).

"Sebelumnya partisipasi pemilih di Riau pada 2014 hanya sebesar 73 persen. Masih dibawah angka nasional. Kini momentumnya cukup bagus ya. Selain Pilpres juga ada Pileg. Karena bagaimanapun juga para Caleg pasti akan berlomba-lomba untuk mendatangkan masyarakat ke TPS. Disamping sosialisasi yang kami laksanakan cukup masif," sebut Ilham.

Terpisah, Komisioner KPU Riau Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Nugroho Noto Susanto menyebut bahwa yang paling berpotensi mendongkrak angka partisipasi pemilih adalah kalangan millennial. Maka dari itu pihaknya sejak awal fokus melasaakan sosialisasi ke kampus-kampus. Seperti yang dilaksanakan KPU Riau, Selasa (9/4) di Universitas Lancang Kuning.

Ada beberapa materi yang disampaikan KPU kepada mahasiswa. Diantaranya mengajak mahasiswa mengenali calon. Baik pada Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg). Hal itu sangat penting dalam memberikan edukasi pemilih.

KPU, dilanjutkan Nugroho juga menyampaikan manfaat dari pesta demokrasi yang dilangsungkan sekali lima tahun tersebut."kami tekankan kepada adik mahasiswa bahwa Pemilu itu sangat besar manfaatnya. Pertama sekali adalah sarana perwujudan kedaulatan rakyat.

Selanjutnya adalah sarana pergantian pemimpin secara konstitusional. Pemilu juga merupakan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi dan terakhir sebagai sarana bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam proses politik," terangnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019. Mulai dari masyarakat umum sampai ke mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News