Kriminolog: Percayakan kepada Tim Bentukan Kapolri Untuk Usut Kasus Brigadir J

Kriminolog: Percayakan kepada Tim Bentukan Kapolri Untuk Usut Kasus Brigadir J
Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang disebut sebagai lokasi baku tembak yang menewaskan Brigadir J. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kriminolog  dari Universitas Indonesia (UI) Kurnia Zakaria mengharapkan kasus baku tembak sesama polisi yang menewaskan Brigadir Pol. Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dapat segera terselesaikan. 

Menurut Kurnia, penyelesaian kasus tersebut diperlukan agar tidak berkembang beragam spekulasi dan opini liar.

Dia juga meminta semua pihak untuk mempercayakan sepenuhnya kepada tim bentukan Kapolri untuk mengusut kasus tersebut.

“Biarkan Tim Penyidik bekerja dan Tim Khusus yang dibentuk melakukan tugasnya. Mari percayakan kepada mereka dan menunggu hasilnya. Apapun itu kelak bisa diterima semua pihak,” kata Kurnia kepada wartawan, Senin (18/7).

Menurut Kurnia, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit memiliki niat baik untuk menemukan fakta yang sebenarnya atas peristiwa adu tembak tersebut dengan membentuk tim khusus yang independen dan melibatkan pihak-pihak terkait.

“Setuju dengan tim yang dibentuk dengan melibatkan semua pihak, mulai dari Propam, Kompolnas maupun Komnas HAM. Ini bertujuan agar ada titik terang dan menjawab keresahan masyarakat sekarang," ujar Kurnia.

Menurut Kurnia, tim bentukan Kapolri itu juga dapat mematahkan opini-opini liar publik di media sosial. 

Kurnia mengatakan kasus ini memicu munculnya opini liar yang belum tentu benar sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Kurnia Zakaria mengharapkan kasus baku tembak sesama polisi yang menewaskan Brigadir J segera diselesaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News