Krisdayanti Ajari Anak Tradisi Ini Saat Idulfitri

Krisdayanti Ajari Anak Tradisi Ini Saat Idulfitri
Krisdayanti-Raul Lemos. Foto Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Sungkeman menjadi tradisi yang wajib dilakukan bagi orang Jawa saat merayakan Idulfitri. Tidak terkecuali Krisdayanti, 42, dan kakaknya, Yuni Shara, 45.

Krisdayanti yang mendapatkan suami orang Timor Leste mulai memperkenalkan tradisi itu kepada dua buah hatinya yang masih balita.

Kebetulan Lebaran tahun ini rumah KD di Jalan Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Sebelum anggota keluarga yang lain datang, keluarga KD dan Yuni terlebih dahulu melakukan sungkeman kepada sang ibu, Rachma Widadiningsih.

Rachma yang sudah duduk di sofa ruang tamu melayani cucu dan anak-anaknya yang ingin sungkem. Mulai Yuni Shara dan kedua anaknya. Kemudian, keluarga Krisdayanti mengantre di belakang.

Bagi Krisdayanti dan Yuni Shara, sungkeman merupakan tradisi dari nenek moyang yang harus dipertahankan. Menurut Krisdayanti, meski dirinya dengan suaminya, Raul Lemos, berbeda budaya, Raul tetap mau menerima tradisi tersebut dan menjalankannya.

Ariannha Amora Lemos, 5, dan Kellen Alexander Lemos, 4, diajarkan tentang sungkeman sejak masih sangat belia.

”Mereka mungkin masih belum ngerti sekarang. Yang penting sekarang ngikutin dulu,” kata perempuan yang biasa dipanggil KD itu waktu diwawancarai di rumahnya kemarin (25/6) seperti dilansir Jawa Pos (Induk JPNN.com).

Meski belum terlalu mengerti, dua buah hatinya itu sudah sering menanyakan apa gunanya sungkeman. Dari situlah KD dan Raul menjelaskan pelan-pelan. Salah satunya, melalui sungkeman, KD mengajarkan anak-anaknya untuk lebih menghargai orang tua.

Sungkeman menjadi tradisi yang wajib dilakukan bagi orang Jawa saat merayakan Idulfitri. Tidak terkecuali Krisdayanti, 42, dan kakaknya, Yuni Shara,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News